Jumat, 18 November 2011

Arsitektur Komputer

Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer

1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer

yang lain dan mengubah input menjadi output.

Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah

dan program.

Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai

suatu sistem

Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi

perhitungan matematika dan logika.

2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.

3. Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk

menyimpan program dan data saat tiak digunakan.

4. Unit Output, mencatat hasil pengolahan.

I. Peralatan Input

Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga

sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan

terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak

langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari

terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE)

terminal atau Remote Batch terminal.

Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU

melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan

ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing

device, scanner, voice recognizer.

Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses

oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk

yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat

input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.

Input hardware digunakan untuk mentranmisikan data ke processing dan storage

hardware. Peralatan yang paling popular untuk memasukkan data yaitu kombinasi antara

keyboard dan layar monitor. Layar monitor dianggap sebagai bagian dari input hardware

kerena digunakan untuk memeriksa apakah data yang akan dimasukkan telah diketik.

Disamping jenis input hardware di atas, terdapat juga input harware lainnya yaitu mouse,

scanner, voice recognition, handwriting device, machine data input (misalnya :

modem),light pen, dan bar code reader.

Voice recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam

signal interpreter. Kebanyakan voice system yang digunakan sekarang mempunyai

vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya,

seseorang membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal

interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka

bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau

memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.

Hardwriting recognition device digunakan untuk memasukkan data dengan cara

menulis pada elektronis yang sensitive. Karakter-karakter tersebut dikenal dan

dimasukkan ke dalam system computer, biasanya suatu system PC (personal computer).

1. 1 Keyboard

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar

rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan

banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard computer pertama disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan

teknologi p[engiriman tulisan jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC

menggunakn pembaca kartu pembuat lubang(punched card reader) sebagai alat input dan

output, Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah

kompyter, karena keyboard merupakan sebuahpapan yeng terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan symbol-simbol khisus lainnya pada computer. Keyboard

dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts, Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric), 0-9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = / , . ? “ ‘ : ; \ |, tombol fungsi (F1-F12), serta tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bemtuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah diketikan dan setiap satu huruf atau symbol kita ketikan maka hasilnya langsung kita liat pada kertas.tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikan hasil atau keluarannya dapat kita lihat dilayar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan ,kesalahan ketikan dan lainnya.

Keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU computer.

gambar 2. keyboard

1. 2 Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka akan terlihatdua pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal

(mendatar) dan satu lagi Vertikal (atas dan bawah ). Jika kita hanya menggerakan pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan bergrak secara horizontal saj pada layar monitor computer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertical yang digerakan, maka penunjuk hanya bergrak secara vertical saja dilayar monitor.jika keduanya kita gerakan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “click” ini tergantung pada object (daerah) yang kita tunjuk. Computer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau object yang tidak penting.

Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal dengan istilah “Drag” yang

artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa

melepaskannya dan sambil menggesernnya, salah satu akibatnya object tersebut

berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke object lain dan terdapat kemungkinan

lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang

kita jalankan. Mouse terhubung dengan computer dengan sebuah kabel yang terdapat

pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan pada port yang terdapat di CPU computer
gambar 3.mouse

II. MEMORY SEKUNDER ( SECONDARY MEMORY )

Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program

secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk,

hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat

ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program

dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per

Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini

mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang

dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan

akses dan metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder

adalah sebagai berikut.

Pre-IDE : Memiliki kecepatan 3600 RPM

IDE : Memiliki kecepatan 5200 RPM

IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 5400 RPM

IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 10000 RPM

Memory sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis. Alat untukmembaca dan menulis pada harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk disebut side. Setiap piringan dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari sebuah head yang ada disebut cylinder. Pada suatu track dibagai menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector. Berkas yang disimpan dalam memory sekunder dapat berinteraksi dengan peralatan input/output dengan perantara suatu unut pengolah ( processor ). Hubungan antara berkas dan unit input/output ditunjukkan terhadap oleh bagan dibawah ini:

Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.

1. Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan

sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/

CPU ) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke

unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama ( main memory )

2. Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability )

3. Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program

Langkah pengolahan data daeri dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.

1. Menentukan lokasi data pada memory eksternal (external memory/storage )

2. Prosessor akan membaca data, dan menyalin data dari memory eksternal

( external memory/storage ) ke memory utama (main memory)

Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.

1. Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan

sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/

CPU ) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke

unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama ( main memory )

2. Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability )

3. Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program

Langkah pengolahan data daeri dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.

1. Menentukan lokasi data pada memory eksternal (external memory/storage )

2. Prosessor akan membaca data, dan menyalin data dari memory eksternal

( external memory/storage ) ke memory utama (main memory)

Pada saat menupdate data, maka salinan data dalam main memory yang telah

diubah akan dituliskan, yaitu dipindahkan dari main memory ke memory sekunder

III. OUTPUT DEVICE

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat

bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau

gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable

form0.Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh

manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses

selanjutnya dari computer.

Peralatan output dapat berupa:

Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada

media keras seperti kertas atau film.

Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image

pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

Drive device atau driver,yaitu alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam

bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau

magnetic tape.Alat ini berfungsi ganda,sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertamasifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas

dari alat output dan dapat dibawa ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini

adalah printer,plotter,dan alat microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa

video display,flat panel,dan speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan

media magnetic disk adalah disk driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape

adalah tape driver.

kesimpulan

setiap komputer saat ini mempunyai arsitektur komputer yang dasar arsitekturnya sama. Skema komputer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer yaitu Central processing unit (CPU), Unit Input, Secondary storage (penyimpanan sekunder) dan Unit Output, yang mencatat hasil pengolahan.

yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../pemrosesan+komp.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar